Cara Memilih Hosting WordPress yang Baik

Cara Memilih Hosting WordPress yang Baik

WordPress menjadi sistem manajemen konten (CMS) yang sangat populer, tidak hanya untuk blog tetapi juga untuk situs web. Hal ini terutama karena kemudahan penggunaan, penyesuaian yang fleksibel, dan keamanan yang kuat. Sebagian besar, WordPress digunakan untuk blog, meskipun telah ada pengembangan intensif template yang cocok untuk situs web biasa. Hadir dengan sistem manajemen konten yang didukung oleh database, dan dengan berbagai macam ekstensi aplikasi web yang disebut plugin. Akibatnya, hosting situs WordPress membutuhkan lebih dari yang dibutuhkan situs halaman statis. Berikut hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih paket hosting WordPress.

Ruang Disk dan Bandwidth

WordPress hadir dengan templat yang sudah dirancang, yang membutuhkan banyak ruang di server web. Lebih penting lagi, sistem harus diisi dengan konten dalam bentuk teks, gambar, video dan terkadang audio tergantung pada jenis situs yang dibuat oleh pemilik. Oleh karena itu, WordPress membutuhkan ruang disk dan bandwidth yang cukup.

Platform server

WordPress didukung oleh database MYSQL, style sheets, dan banyak skrip PHP. Oleh karena itu, agar blog atau situs berbasis WordPress berfungsi, server setidaknya harus mendukung database MYSQL dan PHP. Sistem WordPress berjalan dengan baik di platform server berbasis Linux dibandingkan dengan berbasis Windows. Ini adalah beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membayar hosting WordPress. Hal lain yang mungkin Anda tanyakan termasuk email dan akun ftp.

Fasilitas Cadangan Online,

WordPress membutuhkan pembaruan rutin. Kadang-kadang hal-hal menjadi serba salah selama pembaruan sistem konten atau bahkan peningkatan server. Hal ini dapat mengakibatkan hilangnya file situs web. Untuk menghindari situasi seperti itu, hosting WordPress Anda harus menyediakan fasilitas backup online sehingga Anda dapat terus melakukan backup website atau blog Anda saat mengupdate sistem atau aplikasi server.

Server Uptime

Aspek lain yang cukup penting dalam memilih paket hosting WordPress yang baik adalah waktu aktif server. Uptime server adalah cara untuk menunjukkan seberapa efektif server dalam hal kecepatan dan ketersediaan. Rupanya, ini adalah salah satu hal yang akan dibohongi oleh perusahaan web hosting atau reseller. Meskipun uptime server setidaknya harus 99%, banyak perusahaan yang mengklaim menawarkan 99,9% tetapi sebenarnya sangat sedikit dari mereka yang melakukannya. Anda tidak ingin blog atau situs WordPress Anda offline kapan saja, jadi Anda harus tegas akan hal ini.

Dukungan pelanggan 24/7

Anda juga perlu memastikan bahwa perusahaan hosting menawarkan dukungan pelanggan setiap saat. Ini untuk membantu Anda jika Anda mengalami masalah selama instalasi, pemeliharaan, atau peningkatan situs WordPress Anda. Ini adalah sesuatu yang biasanya dilupakan oleh orang-orang yang mencari penyedia web hosting. Dengan WordPress, Anda dapat dengan mudah terjebak dengan masalah teknis yang mungkin di luar pengetahuan Anda yang menyebabkan penghentian situs web atau blog Anda secara online. Oleh karena itu, Anda harus dapat menjangkau dukungan pelanggan kapan saja untuk menyelesaikan masalah Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *